Langsung ke konten utama

Penulisan/Karya Tulis Ilmiah

Debora Maretauli
Universitas Gunadarma
Ahmad Nasher

         Karya Tulis Ilmiah biasa disingkat Karya Ilmiah (Scientific Paper) merupakan Laporan tertulis yang memaparkan hasil kegiatan penelitian dan pengkajian terhadap suatu masalah, yang dilakukan oleh orang, tim atau peneliti guna memenuhi syarat suatu bidang pengkajian ilmu dan etika keilmuan. 
Karya tulis ilmiah juga biasa disebut sebagai "Tulisan Akademis" dengan alasan karena biasa ditulis oleh kalangan mahasiswa atau di Perguruan Tinggi. Analisis, data, Informasi dan simpulan yang terkandung dalam suatu Karya Tulis Ilmiah dijadikan sebagai acuan atau referensi bagi seorang ilmuan guna melakukan pengkajian atau Penelitian untuk mendapatkan informasi. 

Jenis Karya Tulis Ilmiah
           Dalam istilah Jurnalistik, Karya tulis ilmiah Artikel tulisan yang berisi pendapat subjektif tentang suatu peristiwa.  Berikut merupakan jenis-jenis Karya Ilmiah:
  • ARTIKEL, merupakan karya iliah yang dirancang dan dimuat dalam sebuah jurnal atau buku kumpulan artikel dengan mengikuti tata cara atau pedoman penulisan yang telah disepakati. Adapun sistematika penulisan sebuah artikel, antara lain adalah: Judul;Nama Penulis;Abstrak;Pendahuluan (Latarbelakang, Rumusan masalah, tujuan);Kajian teori;Pembahasan;Penutup (Kesimpulan dan saran);Daftar pustaka.
  • MAKALAH, merupakan suatu karya ilmiah yang berdasar pada pembahasan masalah sesuai dengan data dilapangan yang bersifat Empiris-objektif. Adapun sistematika dari Makalah, antara lain: Pendahuluan;Pembahasan;Kesimpulan. 
  • SKRIPSI, merupakan karya ilmiah Mahasiswa dalam menyelesaikan Jenjang S-1 (Strata 1), skripsi berupa tulisan sistematis  yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan teori orang lain.
  • TESIS, merupakan karya Tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan Jenjang S-2 (Strata 2), bersifat lebihmendalam dibanding Skripsi. Tesis merupakan pengetahuan baru yang dibuat oleh Penulis dalam penelitiannya sendiri. 
  • DISERTASI, merupakan Karya tulis Ilmiah mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang S-3 untuk meraih gelar doktor/Dr. Disertasi berisi suatu temuan penulis itu sendiri, yang berupa temuan Orisinal. 

Ciri-ciri karya tulis ilmiah

Ciri-ciri karya ilmiah yang baik di antaranya:

1. Ditulis dalam bahasa yang baik dan benar, serta tidak menimbulkan salah penafsiran bagi pembacanya

2. disertai fakta yang akurat dan meyakinkan

3. informasi yang disajikan lengkap

4. menarik dan enak dibaca

Kesimpulan : penulisan/karya tulis ilmiah adalah Laporan yang tertulis yang bertujuan untuk menjelaskan hasil dari penelitian yang sudah diteliti dan mengkaji suatu masalah. karya tulis ilmiah ditulis sejelas mungkin dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tepat. karya tulis ilmiah harus sesuai fakta yang sudah diteliti sesuai yang ada di rumusan masalah. karya tulis ilmiah harus dibuat semenarik mungkin mulai dari judul hingga isinya, supaya pembaca suka dan tertarik dengan karya tulis ilmiah tersebut. penyusunan karya tulis ilmiah harus sesuai dengan aturannya, seperti judul, kata pengantar, daftar isi, rumusan masalah, dan lain-lain karena itu adalah karya tulis ilmiah bukan karya tulis non-ilmiah.


http://www.gurupendidikan.net/2015/11/pengertian-dan-ciri-ciri-karya-tulis-ilmiah-serta-sistematika-penulisan-karya-tulis-ilmiah-sederhana.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pengantar Statistika (Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal dari Mean, Median, dan Modus)

Ukuran Pemusatan Data Rataan (Mean) Mean atau rata-rata hitung adalah nilai yang diperoleh dari jumlah sekelompok data dibagi dengan banyaknya data. Rata-rata disimbolkan dengan x. Rata-Rata untuk Data Tunggal Keterangan: ẋ = mean n = banyaknya data x i = nilai data ke-i Rata-Rata untuk Data Bergolong (Berkelompok) Keterangan: x i  = nilai tengah data ke-i f i  = frekuesni data ke -i x s  = rataan sementara (dipilih pada interval dengan frekuensi terbesar) d i  = simpangan ke-i (selisih nilai x i  dengan nilai x s ) Contoh Soal Mean Median Median adalah nilai data yang terletak di tengah setelah data diurutkan. Dengan demikian, median membagi data menjadi dua bagian yang sama besar. Median (nilai tengah) disimbolkan dengan Me. Median untuk Data Tunggal 1. Jika banyaknya data n ganjil maka median   2. Jika banyaknya  n  genap maka Median untuk data bergolong Keterangan: Me = median Tb = t...

Cara Menghitung Nilai Rata-rata, Standar Deviasi, Ragam, dan Membuat Grafik menggunakan Microsoft Excel

Pertama buat semacam daftar nilai siswa atau nilai mahasiswa dan yang lain-lainnya. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini Menghitung Nilai Rata-rata 1. Letakkan kursor di kolom yang sudah dibuat untuk menaruh nilai rata-rata (contohnya di C7) 2. Lalu ketik "=average(C2:C6)" dan klik enter. Atau bisa juga setelah mengetik average, saat buat tanda buka kurung tarik kursor seperti memblok kotak nilai dari yang atas sampai yang bawah, lalu buat tanda tutup kurung dan klik enter. Lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini 3. Hasil nilai rata-rata seperti gambar di bawah ini Menghitung Standar Deviasi 1. Letakkan kursor di kolom yang sudah dibuat untuk menaruh standar deviasi atau kalau mau data itu saja yang di jadikan 1 tetapi berbeda-beda bagiannya, cukup menaruh kursornya di bawah nilai rata-rata yang sudah dibuat tadi. 2. Lalu ketik "=stdev(C2:C6)" dan klik enter. Atau bisa juga seperti keterangan yang dijelaskan di poi...

Review Jurnal

REVIEW JURNAL PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROYEK : SISTEM INFORMASI KONTRAKTOR Judul : Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek : Sistem Informasi Kontraktor Jurnal : Khatulistiwa Informatika Volume & Halaman : Vol. 5 No. 2 Tahun : 2017 Penulis : Heru Setiawan & M. Qadafi Khairuzzaman Reviewer : Debora Maretauli Tanggal : 20 Oktober 2018 ABSTRAK Penerapan teknologi informasi pada kegiatan ini bertujuan untuk membantu serta memudahkan pengelolaan proses anggaran belanja, inovasi, perubahan dan kebijakan-kebijakan lainnya yang bersifat strategis. Perancangan sistem informasi manajemen proyek diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dan sumber solusi untuk permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari beberapa tahap yaitu : tahap analisa data, tahap perencanaan, tahap implementasi dan tahap pengujian. Konsep perancangan menggunakan metode object oriente...